Euro 2020 tidak sekadar menjadi ajang pembuktian bagi tim terbaik di Benua Eropa. Namun, kejuaraan tersebut juga menjadi tempat pembuktian para penyerang hebat.

Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Ciro Immobile, Romelu Lukaku, Karim Benzema, Raheem Sterling, Kai Havertz dan yang lain bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik.

Namun, jika merujuk statistik selama fase grup Euro 2020, Cristiano Ronaldo dijagokan sebagai calon kuat penyerang tersubur. Mengingat Portugal akan tampil pada babak 16 besar.

Sedikitnya ada 5 alasan yang membuat penyerang Juventus tersebut akan menjadi top skor kejuaraan antar negara di Benua Biru. Berikut ulasanya : 

Memimpin dengan 5 Gol

Cristiano Ronaldo masih memimpin daftar top skor sementara Euro 2020. Mantan penyerang Manchester United tersebut mengoleksi total 5 gol dari 3 pertandingan di fase grup.

Sementara para pesaingnya terpaut dua gol. Itu pun hanya Emil Forsberg, Georginio Wijnaldum, Romelu Lukaku yang menjadi kompetitor terkuat CR7 dengan 3 gol.

Tak Pernah Absen Cetak Gol

Ronaldo tidak pernah absen mencetak gol sepanjang fase grup Euro 2020. Catatan 5 golnya sejauh ini merupakan buah produktivitasnya dalam tiga pertandingan.

Ronaldo mencetak dua gol pada laga melawan Hungaria, 1 gol kontra Jerman serta dua gol melawan Prancis. Itu pula yang membuat Portugal bisa lolos ke babak 16 besar.

Punya Catatan Apik di Fase Gugur

Ronaldo punya catatan yang cukup bagus ketika tampil di fase gugur Euro. Tiga dari 14 gol Cristiano Ronaldo pada kejuaran sepak bola di Benua Eropa itu dicetak pada babak knock-out.

Gol-gol tersebut tercipta pada semifinal Euro 2004, perempat final Euro 2012 dan semifinal Euro 2016.

Berpeluang Tambah Gol

Cristiano Ronaldo berpeluang menambah gol pada babak 16 besar Euro 2020. Sebab, Belgia yang menjadi lawan Portugal merupakan tim yang sering dibobol oleh CR7.

Ronaldo tercatat sudah membobol gawang Setan Merah sebanyak 3 kali. Dua gol terjadi pada kualifikasi Euro 2008, dan satu gol pada laga uji coba di tahun 2016.

Akrab dengan Rekor

Cristiano Ronaldo merupakan pemain yang akrab dengan rekor. Pada gelaran Euro 2020, banyak rekor yang sudah dipatahkan oleh mantan penyerang Real Madrid tersebut.

Dia menjadi top skor sepanjang masa Euro dengan 14 gol sejak 2004, melawati catatan penyerang timnas Prancis, Michel Platini. Dia juga menyamai gol internasional pemain timnas Iran, Ali Daei.