Manajemen Arsenal disarankan untuk menjual Mesut Ozil ke klub lain. Namun jika gagal, Arsenal harus bisa mengembalikan performa terbaik Ozil. Saran ini disampaikan mantan penyerang The Gunners, Paul Mariner.

Tim Meriam London sudah sering diminta untuk melepas gelandang asal Jerman itu. Pasalnya, Mesut Ozil kesulitan untuk memperlihatkan peforma terbaiknya bersama Arsenal, terutama pada laga-laga besar dan krusial.

Namun, The Gunners malah memberikan kontrak baru kepada Mesut Ozil. Bahkan, nilai kontrak Ozil menjadi satu di antara yang paling besar di Premier League.

Meski dibayar mahal, Mesit Ozil tetap tak bisa menampilkan performa terbaiknya secara konsisten. Manajer Arsenal, Unai Emery, awalnya sempat coba memaksimalkan talenta si pemain. Akan tetapi, Emery kemudian lebih sering mencadangkan Ozil.

Oleh karena itu, menjual mantan pemain Real Madrid tersebut merupakan pilihan ideal buat Arsenal. Sebab, tidak masuk akal mempertahankan pemain yang lebih sering menghuni bangku cadangan.

Apalagi, Ozil juga menghabiskan banyak duit. Namun, jika ternyata memang tak ada klub yang berminat, Emery harus bisa mendongkrak penampilan gelandang berusia 30 tahun tersebut.

"Jika ada minat (dari klub lain), biarkan dia pergi dan minta orang lain membayar gajinya," ucap Mariner pada ESPN.

"Jika Ozil tidak pergi, Anda harus bisa mengembalikan penampilannya. Sesederhana itu. Anda harus masuk ke sebuah ruangan bersamanya, berbicara dengannya, membuatnya menjadi pemain Arsenal," tuturnya.

"Arsenal tidak dapat menemukan siapa pun saat ini yang ingin mengeluarkannya dari tim mereka, jadi Anda harus membawanya kembali ke tim Anda," sambung Mariner.

Paul Mariner menambahkan untuk mengembalikan Ozil ke performa terbaiknya memang bukan perkara mudah. Jika memang Emery tak bisa melakukannya, dia harus mencari pemain lain untuk menggantikan peran Mesut Ozil.

"Ini sangat sulit, jika seorang pemain tidak tampil bagus, sangat sulit untuk memengaruhinya. Pada saat ini, jika dia terus tampil seperti sekarang ini, Anda harus segera menemukan pemain lain untuk tampil, bukan dirinya," sambung Mariner.

"Temukan para pemain yang berkomitmen, dan temukan sistem yang cocok dengan para pemain itu," tambahnya.

Pada musim ini, Mesut Ozil hanya bermain sebanyak satu kali bagi Arsenal. Dia dimainkan sebagai starter pada laga melawan Watford.