Chelsea menyambut musim 2020/21 dengan jor-joran mendatangkan sederet pemain baru di bursa transfer musim panas. Alasannya: Eden Hazard.

Menurut manajer Chelsea, Frank Lampard, belanja jor-joran itu dilakukan klub sebagai kompensasi untuk kepergian Eden Hazard ke Real Madrid musim lalu.

Selama tujuh tahun memperkuat Chelsea, winger Belgia itu telah menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa. Ketika Chelsea melepasnya ke Madrid, mereka otomatis kehilangan salah satu pemain terbaiknya.

Musim lalu, Chelsea masih dikenai sanksi larangan transfer, dan Lampard pun harus meramu tim dengan skuad yang ada. Namun, Lampard mampu membawa Chelsea finis peringkat empat.

Musim ini, setelah kembali bebas melakukan aktivitas transfer, Chelsea sudah mendatangkan sederet pemain berkualitas. Hakim Ziyech, Timo Werner, Kai Havertz, Ben Chilwell, Edouard Mendy, Thiago Silva, hingga Malang Sarr sudah mereka datangkan.

"Kami kehilangan pemain yang mungkin merupakan salah satu yang terbaik di liga [Hazard]," kata Lampard, seperti dikutip Goal International. "Tahun lalu, kami tak bisa belanja pemain, jadi kami fokus ke lapangan."

"Tim-tim yang difavoritkan masuk enam besar sudah berbelanja tahun lalu, dan berbelanja lagi tahun ini."



"Pemain-pemain yang sudah mereka datangkan tahun lalu punya kesempatan lebih baik untuk menyatu dengan tim. Tim-tim di atas kami sudah membangun skuad sejak lama."

"Kami ingin membangun skuad kami. Kami telah melewatkan dua jendela transfer, dan sekarang kami telah mendatangkan pemain-pemain yang kami nilai bisa membuat kami lebih kuat," imbuh Lampard.

Musim lalu, dengan skuad yang bisa dibilang terbatas, Lampard mampu membawa Chelsea finis peringkat empat di Premier League. Musim ini, setelah belanja jor-joran, Lampard jelas diharapkan memberi prestasi lebih baik.

Apakah Lampard merasakan tekanan yang besar?

"Saya paham, karena begitulah sepak bola," ujarnya. "Kami butuh waktu untuk proses ini."

"Namun, kami ingin mematahkannya dan berharap bisa melihat hasilnya sesegera mungkin."

"Meski begitu, harapan-harapan yang ada tak seharusnya menjadi masalah bagi kami. Kenapa juga Anda ingin menangani Chelsea, atau bermain untuk Chelsea, jika tak ingin merasakan tekanan atau tuntutan untuk sukses? Jika demikian, percuma saja bermain untuk klub ini."

"Saya membuka diri untuk semua tuntutan. Namun, kami tak boleh menjadikannya beban. Kami harus bekerja keras dan mewujudkannya," tegas manajer Chelsea itu.