Lionel Messi menjalani debutnya di El Clasico pada usia 18 tahun. Ketika itu, La Pulga berhasil mengantarkan Barcelona meraih kemenangan atas Real Madrid pada November 2005.

Melakoni debutnya di El Clasico, Lionel Messi melakukan apa yang sepatutnya dilakukan. Penampilannya menawan bersama Barcelona, meski disaksikan puluhan ribu suporter Real Madrid di Bernabeu.

Pada laga tersebut, Lionel Messi tidak mencetak gol. Namun, ia menyumbangkan satu assist, menempatkan dirinya di tengah-tengah megabintang Barcelona lainnya kala itu, semisal Samuel Eto'o dan Ronaldinho.

Kini, 15 tahun kemudian, Lionel Messi masih menjadi duri buat Real Madrid. Bukan cuma membuktikan banyak pengamat sepak bola saat kemunculannya dulu, ia adalah bagian dari sejarah El Clasico itu sendiri.

Tidak ada satupun orang yang berani menyangkal keistimewaannya selama membela Barcelona di El Clasico menghadapi sang rival, Real Madrid.

Berikut ini adalah beberapa bukti sahih bahwa El Clasico adalah taman bermain buat Lionel Messi. Banyak rekor yang telah ia pecahkan. Bisa saja kedatangan Real Madrid, Sabtu (24/10/2020) pukul 21.00 WIB, akan ada lagi rekor yang membuntuti.

Top Scorer El Clasico di La Liga

Tidak ada pemain yang mencetak gol sebanyak 26 gol di El Clasico. Sebanyak 18 gol datang di La Liga, itu membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam pertemuan liga antara kedua belah pihak.

Bahkan Cristiano Ronaldo, dengan 18 gol, atau Alfredo Di Stefano, dengan 16 gol, tidak dapat dibandingkan dengan Messi dalam peringkat sepanjang masa pertandingan ini.



Penampilan Terbanyak di El Clasico

Messi adalah pemain kedua setelah Sergio Ramos dalam hal rekor penampilan El Clasico. Pemain Argentina itu juga memiliki 14 assist.

Dalam perjalanannya hingga kini, ia meraih 19 kemenangan, 11 imbang dan 13 kekalahan melawan Real Madrid.

Pengaruh Messi buat Barcelona di El Clasico

Sebelum Lionel Messi bergabung ke Barcelona, Real Madrid unggul enam kemenangan di semua pertandingan El Clasico. Tapi, setelah La Pulga masuk, Barcelona menyamai catatan 96 kemenangan. Di La Liga, Madrid masih unggul 73 kemenangan berbanding 72 kemenangan Barca.

Kejar Rekor Paco Gento

Warisan El Clasico Messi jelas tak tertandingi. Namun, dia masih berpeluang untuk mencetak rekor baru. Presiden kehormatan Real Madrid, Paco Gento, memenangkan 21 pertandingan El Clasico selama karier bermainnya, dan Messi, 19 pertandingan, mendekati angka itu. Dia bahkan bisa menyamai rekor Gento selama musim ini.

Pemain Termuda yang Cetak Hattrick di El Clasico

Sejak awal, Messi menikmati sukses besar melawan Real Madrid. Pada tahun 2007, ketika masih berusia 19 tahun, ia mencetak hat-trick El Clasico pertamanya dalam hasil imbang 3-3 yang epik, yang menjadikannya sebagai pemain termuda dalam sejarah yang mencetak tiga gol di pertandingan tersebut.